Apa Saja Keluhan Saat Belanja Online?

Apa Saja Keluhan Saat Belanja Online?

Apa Saja Keluhan Saat Belanja Online?

Sistem transaksi online memang mudah, ringkas, dan cepat sehingga diminati masyarakat di Indonesia. Dengan beberapa kali klik, transaksi singkat akan segera mengirim barang untuk dikirim dalam kota dan mungkin untuk transaksi antar kota akan membutuhkan waktu beberapa hari.

Namun dengan segala kemudahan dan kecepatan transaksi ternyata banyak orang yang mengeluh saat berbelanja online. Keluhan bisa karena kesalahan dari pihak seller ataupun karna faktor lain. Jika kamu seller bagaimana caranya meminimalisir keluhan dari pelanggan, pastikan pelanggan kamu tidak mengeluh ketika berbelanja di toko kamu. Ini penting karena dapat berpengaruh pada reputasi dan kepercayaan orang lain terhadap dagangan kamu.

Ada beberapa hal yang dikeluhkan saat berbelanja online dan apa saja solusi untuk mengatasinya:

  1. Respon Kurang Cepat

Keluhan yang pertama adalah respon dari seller yang masih kurang cepat. Bagaimana tidak kesal ketika menghubungi seller pukul 09.00 dan baru dibalas pukul 10.00. jangka waktu 1 jam dalam transaksi atau bisnis tentu saja jangka waktu yang terlampau lama.

Idealnya balasan dari seller paling lambat 15 menit. Lamanya respon dari seller dapat berakibat calon pembeli akan beralih ke seller lainnya.

 

  1. Produk Tidak Sesuai Dengan Yang Dipesan

Jika seller dengan sengaja memberikan produk yang tidak sesuai dengan yang dipesan tentu saja akan mendapat keluhan dari pelanggan dan reputasi toko online kamu pun akan menurun. Namun jika tidak sengaja memberikan produk yang berbeda, pastikan kamu meminta maaf, atau memberikan cash back. Atau lebih baik menukarkan produk lagi sesuai yang dipesan.

 

  1. Produk Rusak Saat Diterima

Keluhan yang cukup fatal sehingga membuat toko online kamu menurun drastis adalah ketika pembeli menerima ponsel atau kamera rusak ketika beli secara online. Masalah ini tentu kesalahan dari seller yang mungkin tidak aman dalam melakukan packin. Solusinya adalah dengan melakukan packing rapih, aman, berlapis-lapis, atau bisa juga menggunakan sterofom.

 

  1. Produk Terlalu Lama Diterima

Pelanggan kesal karena barang yang dinanti-nantikan tak kunjung datang. Kesalahan ini bukan dari pihak seller, tetapi dari pihak jasa pengiriman barang. Dalam iklan mungkin menjamin 2 sampai 3 hari barang bisa diterima, namun ternyata sampai 5 bahkan 1 munggu baru diterima.

Carilah jasa pengiriman barang yang berani menjamin cepatnya barang sampai terkecuali ada masalah seperti bencana alam, perang atau kecelakaan.

 

  1. Spesifikasi dan Deskripsi Tidak Lengkap

Sebagai seller haruslah menuliskan deskripsi lengkap tentang produk kamu, bagaimana cara pemakaian dan spesifikasi lainnya. Apabila keterangannya tidak lengkap membuat pembeli yang awam bisa melakukan kesalahan saat pembelian. Kesalahan sepele namun fatal, dan bisa dianggap penjualnya menipu padahal bisa saja kesalahan pembeli yang tidak mengetahui penggunaan produk. Setidaknya dengan memberi keterangan kamu bisa mamebantu pembeli menghindari kesalahan.

Add Comment

Belajar Bisnis Online Bersama Komunitas SB1M - Hub : 085743156096Daftar
SubscribeSugengwahyudi.com

SubscribeSugengwahyudi.com

Dapatkan Update tempat Hangout,Review,Event,Promo, Vlog dan Info Menarik lainya

You have Successfully Subscribed!