Bahaya Mengkonsumsi Garam Secara Berlebihan Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Mengkonsumsi Garam Secara Berlebihan Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Mengkonsumsi Garam Secara Berlebihan Bagi Kesehatan Tubuh

Tentunya mengkonsumsi garam secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai efek samping, yang mengarah pada bahaya bagi kesehatan tubuh.
Apa saja bahaya dari konsumsi garam berlebih?
Berikut ini beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan apabila mengkonsumsi garam secara berlebihan :

1. Menyebabkan darah tinggi atau hipertensi
Bahaya mengonsumsi garam berlebih adalah dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi dapat menyebabkan tubuh menjadi mudah merasa lemas dan juga pusing, serta menyebabkan tubuh akan menjadi terasa sangat tidak nyaman. Tidak hanya bagi yang memiliki bakat hipertensi, bagi yang tidak memiliki bakat riwayat hipertensi pun wajib berhati – hati, karena konsumsi garam berlebihan juga akan menimbulkan hipertensi meskipun tidak memiliki bakat penyakit hipertensi ini.

2. Menimbulkan penyakit kardiovaskuler
Penyakit kardiovaskuler merupakan jenis penyakit yang berkaitan dengan kinerja jantung. Penyakit kardiovaskuler merupakan salah satu jenis penyakit dan gangguan kesehatan yang cukup berbahaya. Salah satu penyebab munculnya gejala penyakit kardiovaskuler adalah karena konsumsi garam yang berlebih. Asupan garam berlebih, hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat berpotensi menyebabkan munculnya gejala penyakit kardiovaskuler.

3. Menyebabkan penyakit stroke
Garam merupakan salah satu mineral yang dapat meningkatkan potensi stroke.

4. Dapat menyebabkan pembengkakan jantung
Pembengkakan jantung memiliki kaitan sangat erat dengan dengan penyakit kardiovaskuler. Pembengkakan jantung terjadi karena adanya kondisi hipertrofi ventrikel kiri, atau pembesaran pada otot yang membuat ruang pompa udara menjadi semakin tertekan dan sempit. Hal tersebut disebabkan karena asupan garam dan natrium yang berlebihan, sehingga menyebabkan seseorang mengalami hal tersebut.

5. Menyebabkan terjadinya retensi cairan
Retensi cairan merupakan kondisi dimana air akan terserap habis oleh zat natrium, sehingga tubuh akan mengalmai kekurangan air. Ini akan menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi. Penyerapan air yang berlebihan ini akan menyebabkan asupan cairan dalam tubuh akan menjadi sangat berkurang, dan menyebabkan kita menjadi sulit berkonsentrasi, mudah merasa cepat lelah, lemas, dan mengalami halusinasi serta banyak gangguan kesehatan lainnya, terutama yang berkaitan dengan proses berpikir.

6. Dapat mempengaruhi sistem pencernaan tubuh kita
Asupan garam yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Ada beberapa sistem saluran pencernaan yang dapat terganggu dan terpengaruh apabila mengkosumsi garam terlalu banyak, yaitu :
-Dapat menyebabkan terjadinya ulkus atau luka pada bagian lambung, serta mengalami duodenum
-Dapat menyebabkan kanker pada organ pencernaan, seperti lambung dan juga usus
-Serta dapat menyebabkan terjadinya penurunan zat pepsin di dalam saluran pencernaan.

7. Menyebabkan peningkatan sekresi air empedu
Sekresi air empedu merupakan salah satu proses yang alami terjadi.
Ketika asupan garam di dalam tubuh meningkat dan berlebihan, maka sekresi air empedu ini akan meningkat dan menjadi tidak terkontrol.
Bahaya dari sekresi air empedu yang meningkat ini adalah dapat meningkatkan densitas darah, yang dapat menyebabkan menurunnya vitalitas tubuh. selain itu, meningkatnya sekresi air empedu juga dapat menyebabkan bibir menjadi mudah terasa kering dan juga mudah mengalami pendarahan atau hanya sekedar berdarah.

8. Memicu dan menyebabkan terjadinya gejala osteoporosis
Hal lain yang dapat menyebabkan munculnya osteoporosis pada tubuh adalah karna mengonsumsi garam secara berlebihan

9. Menyebabkan gangguan pada ginjal
Garam yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat mempengaruhi kinerja dari organ ginjal. Saat konsumsi garam menjadi berlebih dan menjadi sangat tinggi, hal ini akan menyebabkan organ ginjal menjadi bekerja extra keras dan bekerja lebih berat. Jika hal ini terjadi terus menerus, dan berjalan dalam jangka waktu dan siklus yang teratur serta panjang, hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada organ ginjal. Hal ini tentu saja akan membuat munculnya penyakit ginjal, yang terparah adalah munculnya penyakit ciri-ciri gagal ginjal.

10. Menimbulkan kematian
Dari keseluruhan bahaya yang ditimbulkan oleh kelebihan asupan garam dalam tubuh, dapat disimpulkan bahwa beberapa bahaya tersebut dapat membawa manusia ke dalam bahaya yang jauh lebih besar lagi, yaitu bahaya kematian. Hipertensi, stroke, gagal ginjal, dan beberapa gangguan kesehatan lainnya dapat dengan mudah membawa ke dalam jurang kematian, terutama apabila kita tidak menyadari gangguan kesehatan yang ada pada diri kita, serta berusaha untuk mengobati dan mencegah kemunculan gangguan tersebut.

Add Comment

Belajar Bisnis Online Bersama Komunitas SB1M - Hub : 085743156096Daftar
SubscribeSugengwahyudi.com

SubscribeSugengwahyudi.com

Dapatkan Update tempat Hangout,Review,Event,Promo, Vlog dan Info Menarik lainya

You have Successfully Subscribed!