Bahaya Mengkonsumsi Gorengan Yang Berlebihan

Bahaya Mengkonsumsi Gorengan Yang Berlebihan

Bahaya Mengkonsumsi Gorengan Yang Berlebihan

Hampir semua tempat menjual makanan yang satu ini. Mulai dari pinggir jalan hingga restoran besar. Selain harganya yang relatif murah gorengan juga memiliki rasa yang gurih dan enak.

Jenis Gorengan

Ada banyak jenis gorengan yang dijual, seperti tempe goring, tahu goring, pisang goreng, lumpia goreng, ubi goreng, cireng, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sudah di pastikan semua orang pasti mencoba dan merasakan camilan yang satu ini sebagai pengganjal perut atau hanya sebagai hidangan pembuka sebelum makan. Namun ternyata gorengan memiliki banyak dampak berbahaya bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara terus menerus. Apa saja bahaya mengkonsumsi gorengan bagi kesehatan tubuh?

Minyak Jarang Diganti atau Kotor

Ini dia salah satu penyebab camilan gorengan tidak sehat dan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selain tidak mengetahui kualitas minyak goreng yang digunakan, terkadang penjual gorengan ini juga tidak pernah mengganti minyak goreng yang digunakan. Keadaan ini membuat minyak goreng akan mengendap dan membentuk lemak trans yang sangat berbahay. Bahayanya antara lain:

  1. Kadar kolestrol yang sangat tinggi

Kolestrol yang terdapat pada minyak goreng bekas akan menjadi lebih tinggi sebagai akibat dari pengendapan yang terjadi pada minyak goreng. Minyak goreng yang sudah dipakai berkali-kali akan membentuk lemak trans yang dapat meningkatkan kolestrol.

 

  1. Dapat memicu penyakit jantung

Serangan jantung dan penyakit jantung terjadi sebagai akibat dari tingkat kolestrol tinggi yang terdapat pada tubuh jika mengkonsumsi gorengan berlebihan secara terus menerus.

 

  1. Dapat memicu penyakit tekanan darah tinggi

Sama seperti penyakit jantung, darah tinggi juga disebabkan oleh kadar kolestrol yang sangat tinggi.

 

  1. Gatal – gatal pada tenggorokan

Gatal – gatal pada tenggorokan ini disebabakan oleh senyawa akreolin yang terbentuk oleh pengendapan minyak goreng tersebut.

 

  1. Batuk – batuk

Minyak yang kotor dapat menyebabkan infeksi pada saluran tenggorokan hingga menyebabkan batuk kronis.

 

  1. Kanker

Merupakan efek terparah yang diperoleh bila mengkonsumsi gorengan yang minyaknya jarang atau hampir tidak pernah diganti secara berlebihan. Resiko terkena kanker akan meningkat dibandingkan yang tidak mengkonsumsi gorengan.

 

  1. Diabetes

Salah satu penyebab diabetes adalah minyak goreng yang digunakan berkali kali karena mengandung kolestrol yang semakin tinggi.

Tempat Kurang Higienis

Kebanyakan pedagang gorengan berjualan ditempat – tempat yang kurang higienis seperti dipinggir jalan raya, bahkan beberapa berjualan di dekat tempat sampah. Debu – debu jalanan dan polusi udara sudah pasti akan menempel pada gorengan yang di jajakan dipinggir jalan raya.

Beberapa penyakit yang mungkin ditimbulkan antara lain:

  1. Sakit perut
  2. Diare
  3. Alergi dan gatal – gatal
  4. Mual dan muntah

Efek Dari Kertas Pembungkus Gorengan

Pernahkah anda membeli gorengan dipinggir jalan? Bagaimanakah tukang gorengan tersebut membungkus gorengan pesanan para pembeli?

Kalau pembeli yang teliti kertas tersebut adalah kertas – kertas bekas yang entah dari mana datangnya. Jika tidak tahu asal kertas tersebut, bisa saja kertas itu berasal dari tempat pembuangan tertentu.

Selain itu kertas tersebut juga memiliki kandungan tinta printer yang dapat menempel pada gorengan, yang pasti sangat berbahaya, karena tinta printer tidak diciptakan untuk dimakan. Apa saja bahayanya:

  1. Menyebabkan kanker. Terutama usus besar
  2. Menyebabkan sakit kronis lainnya yang berhubungan dengan pencernaan

Bahaya Dari Bahan Baku Pembuatan Gorengan

Apabila banyak tukang gorengan yang menggunakan cara cara curang dalam membuat dan mengolah adonan dari gorengan. Meskipun tidak semua tukang gorengan seperti itu, tapi tetap saja kita harus lebih berhati-hati.

Banyak sekali penggunaan bahan pengawet kimia, dan bahan bahan berbahaya lainnya yang digunakan dalam pembuatan gorengan, seperti:

  1. formalin
  2. tawas
  3. boraks
  4. pemutih
  5. pewarna tekstil
  6. minyak yang dicampur lilin atau plastic

Sudah tau kan bahaya mengkonsumsi gorengan bagi tubuh, secara garis besar gorengan sangat ampuh menyebabkan kanker, kolestrol, dan penyakit jantung. Jadi mengkonsumsinya harus dibatasi..

Add Comment

Belajar Bisnis Online Bersama Komunitas SB1M - Hub : 085743156096Daftar
SubscribeSugengwahyudi.com

SubscribeSugengwahyudi.com

Dapatkan Update tempat Hangout,Review,Event,Promo, Vlog dan Info Menarik lainya

You have Successfully Subscribed!