Bahaya Penyakit Kanker dan Cara Pencegahannya

Bahaya Penyakit Kanker dan Cara Pencegahannya

Bahaya Penyakit Kanker dan Cara Pencegahannya

 

Pernahkah kamu mendengar istilah Kanker? Atau mungkin keluarga / teman / kerabat kamu yang mengidap penyakit ini? Penyakit Kanker memang sangat berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian. Karena banyak diluaran sana yang terserang oleh penyakit ini. Dan juga sering mendengar banyak orang meninggal dunia akibat penyakit kanker diberbagai media masa maupun televise. Kita hidup di era yang serba canggih dan maju kok malah kasus penyakit kanker terus meningkat? Apa penyebab sebenarnya? Yuk dari pada penasaran Admin akan menguraikan informasi mengenai hal ini. Khusunya mengenai bahaya dan cara mencegah penyakit kanker. Admin juga akan membahas apa itu kanker serta macam-macamnya. Tetep waspada terhadap penyakit kanker ya teman-teman. Yuk langsung aja kita bahas:

Pengertian Kanker

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga menyebabkan kematian.

Kanker sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor dibagi dalam 2 golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kanker adalah istilah untuk semua jenis tumor ganas.

Kanker dapat menyerang siapa saja, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua golongan umur, namun lebih sering menimpa orang yang berusia 40 tahun.

Sebelum kanker meluas atau merusak jaringan disekitarnya, penderita tidak merasakan adanya keluhan ataupun gejala. Bila sudah ada keluhan atau gejala, biasanya penyakitnya sudah lanjut.

Berikut beberapa gejala yang perlu diperhatikan dan diperiksa ke dokter untuk memastikan ada atau tidaknya kanker, yaitu:

  1. Waktu buang air besar atau kecil ada perubahan kebiasaan atau gangguan.
  2. Alat pencernaan terganggu.
  3. Payudara atau ditempat lain ada benjolan (tumor).
  4. Batuk yang tak sembuh-sembuh.
  5. Darah atau lendir yang abnormal keluar dari tubuh.
  6. Adanya koreng atau borok yang tak mau sembuh.

 

Jenis – Jenis / Macam –  Macam Kanker dan Gejalanya

  1. Kanker Otak

Sakit kepala pada pagi hari dan berkurang pada tengah hari, epilepsy, lemah, mati rasa pada lengan dan kaki, kesulitan berjalan, mengantuk, penglihatan tidak normal, perubahan pada kepribadian, perubahan pada ingatan, sulit bicara.

  1. Kanker Paru – Paru

Batuk terus-menerus, dahak bercampur darah, rasa sakit di dada.

  1. Kanker Payudara

Adanya benjolan, penebalan kulit (tickening), perubahan bentuk, gatal-gatal, kemerahan, rasa sakit yang tidak berhubungan dengan menyusui dan menstruasi.

  1. Kanker Rahim

Pendarahan diperiode-periode datang bulan, pengeluaran darah saat mens yang tidak seperti biasanya dan rasa sakit yang luar biasa.

  1. Kanker Kulit

Benjolan pada kulit yang menyerupai kutil (mengeras seperti tanduk) infeksi yang tidak sembuh-sembuh, bintik-bintik berubah warna dan ukuran, rasa sakit pada daerah tertentu.

  1. Kanker Hati

Penurunan berat badan, hilang nafsu makan, sakit pada perut bagian atas, mual dan muntah, pembesaran hati, bengkak pada area perut.

  1. Leukemia

Pucat, kelelahan kronis, penurunan berat badan, sering kena infeksi, mudah terluka, rasa sakit pada tulang persendian.

  1. Komplikasi

Komplikasi yang sering terjadi pada pasien kanker adalah infeksi pada pengidap kanker stadium lanjut. Infeksi terjadi akibat kekurangan protein dan zat gizi lainnya serta penekanan sistem imun yang sering terjadi setelah pengobatan konvensional.

 

Penyebab Kanker

Kanker dapat terjadi karena gen-gen yang bertugas untuk mengatur pertumbuhan dan perbaikan sel berubah. Perubahan ini merupakan hasil dari interaksi antara factor gen induk dengan gen eksternal yang dapat dikategorikan sebagai berikut:

  1. Karsinogen Fisik

Seperti radiasi UV (Ultra Violet) dan radiasi ionisasi.

  1. Karsinogen Kimiawi

Seperti asbestos dan asap tembakau.

  1. Tembakau

40% kanker dapat dicegah dengan memperhatikan asupan makanan, melakukan kegiatan fisik, serta tidak mengkonsumsi tembakau. Penggunaan tembakau menyebabkan kanker paru-paru, tenggorokan, mulut, pancreas, ginjal, perut, kandang kemih dan tipe kanker lainnya.

  1. Karsinogen Biologis

Seperti infeksi akibat virus (Hepatitis B dan Kanker Hati, Human Papilloma Virus(HIV), dan Kanker Serviks/Mulut Rahim) dan Bakteri (Helicobater Pylori dan Kanker Lambung) dan Parasit.

  1. Diet dan Gaya Hidup

Obesitas sebagai penambah factor resiko sekaligus komposisi makanan yang dimakan seperti kurangnya makan buah-buahan serta sayur-sayuran diambah mengkonsumsi garam terlalu tinggi. Kurangnya aktivitas fisik resiko penyebab kanker. Penggunaan alcohol juga menyebabkan beberapa tipe kanker seperti esophagus/kerongkongan, faring, laring, hati, dada, dll.

 

Cara Mencegah Penyakit Kanker

  1. Memeriksa resiko karena keturunan

Salah satu penyebab kanker adalah keturunan. Jika orang tua atau saudara yang menderita kanker, sangat mungkin kanker juga menyerang anggota keluarga lainnya.

  1. Menghindari makanan yang diasap atau dibakar

Penyebab kanker lainnya adalah makanan yang diasap, dibakar, atau diasamkan. Contohnya seperti ikan asap

  1. Menjauhi alkohol

Sejak lama alkohol sudah sering disebut sebagai penyebab kanker. Untuk mencegah kanker, menghindari alkohol merupakan langkah yang tepat.

  1. Menghindari makanan dengan zat pewarna

Banyak makanan saat ini dicampur dengan zat pewarna agar terlihat menarik. Untuk mencegah kanker, sebaiknya usahakan menghindari makanan yang menggunakan zat pewarna.

  1. Menghindari Rokok

Seperti alcohol, rokok juga menjadi sumber penyebab kanker. Meninggalkan kebiasaan merokok atau berupaya menjauh dari orang yang sedang merokok adalah upaya baik untuk mencegah kanker.

  1. Menghindari makanan berlemak

Lemak menyebabkan banyak masalah dalam tubuh. Termasuk pemicu kanker. Untuk mencegah kanker, hindari makanan berlemak tinggi.

  1. Makan makanan kaya serat

Buah dan sayur merupakan makanan kaya serat. Maka perbanyaklah mengkonsumsi makanan berserat.

  1. Rutin berolahraga

Olahraga merupakan cara yang baik untuk mencegah kanker. Sebab saat berolahraga, lemak dalam tubuh akan terbakar dan mempercepat metabolism. Hal itu akan mencegah kanker.

  1. Mengkonsumsi vitamin A, C, dan E

Vitamin A, vitamin C, dan vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang sangat berguna untuk mencegah kanker.

  1. Perilaku seks sehat

Tidak ganti-ganti pasangan dalam berhubungan seks juga menjadi cara jitu mencegah kanker sebab timbulnya kanker juga dimungkinkan karena perilaku seksual yang tidak sehat.

Add Comment

Belajar Bisnis Online Bersama Komunitas SB1M - Hub : 085743156096Daftar
SubscribeSugengwahyudi.com

SubscribeSugengwahyudi.com

Dapatkan Update tempat Hangout,Review,Event,Promo, Vlog dan Info Menarik lainya

You have Successfully Subscribed!