Cara Mengatasi Keputihan Tanpa Menggunakan Obat

Cara Mengatasi Keputihan Tanpa Menggunakan Obat

Cara Mengatasi Keputihan Tanpa Menggunakan Obat

Seorang wanita pasti pernah mengalami keputihan. Reaksi keputihan memang wajar terjadi dan biasanya muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi. Hal yang paling perlu diperhatikan adalah kondisi keputihan itu sendiri. Keputihan bisa terdiri dari beberapa karakter seperti putih, penuh air, lengket, hijau kekuningan atau bau yang tidak sedap.
Setiap tanda keputihan yang berbeda memberikan petunjuk mengenai kondisi kesehatan reproduksi wanita.

Melihat berbagai jenis keputihan yang sangat banyak, maka perlu mengetahui cara perawatan yang tepat. Melakukan berbagai perawatan keputihan sangat penting untuk menyembuhkan dan menjaga kesehatan reproduksi.
Berikut ini adalah beberapa cara mudah mengatasi keputihan tanpa menggunakan obat.

1. Jaga Kebersihan Pakaian Dalam dan Luar
Cara mengatasi keputihan secara alami paling ampuh adalah menjaga kebersihan seputar Miss “V”. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan pakaian dalam dan pakaian luar. Gunakan jenis pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun. Bahan katun akan menyebabkan area vagina menjadi tidak lembab dan kering. Hindari menggunakan bahan sintetis karena panas dan menghasilkan keringat berlebihan.
Selain itu untuk pakaian luar hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Gunakan celana yang longgar sehingga area reproduksi menjadi lebih nyaman. Hal ini ampuh juga sebagai cara mengatasi keputihan yang gatal dan berlebihan.

2. Hindari Penggunaan Cairan Pembersih Vagina
Ada banyak jenis cairan pembersih vagina yang bisa didapatkan dengan mudah. Bahkan untuk membeli bahan ini tidak perlu menggunakan resep dari dokter. Namun ternyata menggunakan cairan pembersih vagina justru bisa meningkatkan jumlah keputihan. Beberapa bahan kimia dalam cairan ini menyebabkan kerusakan pH murni dalam area vagina dan mematikan bakteri yang baik. Karena itu sebaiknya hindari penggunaan cairan pembersih vagina saat keputihan.

3. Makan Pisang Setiap Hari
Anda juga bisa mengobati keputihan dengan cara yang sangat alami.
Buah pisang menjadi buah yang bisa mengurangi keputihan dengan cara yang alami dan juga menyembuhkan keputihan itu sendiri. Pisang membantu tubuh mengatasi gangguan reproduksi dengan membantu menyeimbangkan hormon dari dalam tubuh. Untuk menghentikan keputihan dengan pisang bisa dengan mencoba untuk makan pisang selama 2x sehari.

4. Minum Jahe Hangat
Jahe merupakan jenis tanaman rimpang yang dipercaya memiliki khasiat yang sangat tinggi. Rimpang jahe mengandung senyawa alami yang dapat berfungsi untuk mencegah radikal bebas dan juga melawan infeksi bakteri dan virus. Bahkan ini juga bisa melawan bakteri jahat yang berkembang dalam vagina. Anda dapat menyembuhkan keputihan dengan cara merebus 1 gelas air minum dengan 1 ruas kecil jahe segar. Setelah mendidih maka angkat dan saring. Dapat langsung meminumnya ketika masih hanga, dan bisa juga ditambahkan gula batu dan madu agar rasanya lebih nikmat.
Anda bisa menambahkan gula batu atau madu agar rasanya lebih nikmat.

5. Makan Yogurt
Yogurt merupakan makanan yang mengandung sumber probiotik alami yang sangat tinggi. Kandungan bakteri baik dalam yogurt bisa melawan pertumbuhan bakteri jahat di dalam vagina yang menyebabkan keputihan.
Yogurt juga bisa membantu melawan infeksi jamur yang sering terjadi pada vagina. Bahkan yogurt bisa memelihara organ reproduksi dari dalam tubuh.
Untuk menyembuhkan keputihan dengan mengkonsumsi yogurt setiap hari.
Ini cara alami yang akan menyeimbangkan kondisi organ reproduksi dari dalam tubuh.

6. Hindari Mengkonsumsi Makanan Berminyak
Makanan berminyak mengandung lemak yang bisa menyebabkan keputihan menjadi lebih parah. Makanan yang berminyak bisa menyebabkan kadar hormon dalam tubuh mengalami perubahan. Kadar hormon yang tidak seimbang inilah yang kemudian akan merubah keputihan menjadi lebih buruk. Selain itu makanan berminyak juga menyebabkan kondisi metabolisme tubuh terhambat. Jadi selama keputihan sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi makanan berminyak.

7. Menggunakan Panty Liner
Cara mengatasi keputihan yang berbau pada wanita adalah dengan memanfaatkan memanfaatkan panty liner. Untuk mengatasi keputihan maka wanita juga bisa menggunakan panty liner. Pembalut tipis dan nyaman ini akan merubah kondisi pH dalam vagina dan memerangi pertumbuhan bakteri buruk yang berlebihan. Wanita disarankan untuk memilih jenis panty liner yang terbuat dari kapas murni dan bisa membentuk kondisi lingkungan yang nyaman untuk vagina. Hindari jenis panty liner yang terbuat dari campuran bahan sintetis. Rekomendasi jenis panty liner juga bisa didapatkan dari dokter setelah pemeriksaan. Dokter biasanya merekomendasikan jenis panty liner khusus yang bisa menghentikan keputihan.

8. Minum Banyak Air Mineral
Air mineral juga bisa membantu mengatasi keputihan. Caranya adalah dengan banyak minum air mineral. Air mineral bisa mengeluarkan semua racun dalam tubuh lewat saluran sekresi setelah diolah oleh ginjal.
Keluarnya racun dari tubuh membuat tubuh bisa melakukan metabolisme dengan baik. Sistem ini kemudian juga bisa membantu tubuh mendapatkan keseimbangan pH yang alami pada organ reproduksi.
Selain itu juga bisa membantu mengatasi penumpukan bakteri atau virus yang bisa menyerang organ reproduksi.

Itulah bebrapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah keputihan pada wanita..

Add Comment

Belajar Bisnis Online Bersama Komunitas SB1M - Hub : 085743156096Daftar
SubscribeSugengwahyudi.com

SubscribeSugengwahyudi.com

Dapatkan Update tempat Hangout,Review,Event,Promo, Vlog dan Info Menarik lainya

You have Successfully Subscribed!