Dampak Buruk Menonton TV Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Dampak Buruk Menonton TV Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Dampak Buruk Menonton TV Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Berapa lama waktu yang anda habiskan untuk menonton acara ditelevisi? Tau gak sih terlalu lama menonton tv itu ga baik loh, kenapa? Karena duduk terlalu lama di depan tv dapat membahayakn kesehatan fisik dan mental. Alasan seseorang nonton tv tidak lain pasti ingin mencari hiburan, ingin tau informasi penting, atau memang ga ada kegiatan. Seburuk apa sih efek duduk didepan tv terlalu lama? Berikut beberapa resiko akibat duduk di depan tv terlalu lama:

  1. Resiko serangan jantung

Menonton tv dapat menyebabkan serangan jantung, ini dikarenakan duduk terlalu lama (lebih dari 4 jam perhari). Hal ini disebabkan gerakan tubuh sangat pasif atau kurang gerak. Sebuah penelitian di Australia menyimpulkan bahwa resiko serangan jantung meningkat sebesar 18% ketika seseorang menonton tv selama 1 jam. Ini diuji terhadap 8.800 orang yang tidak punya riwayat penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Resiko Diabetes

Sebuah penelitian di Amerika mengungkapkan bahwa resiko diabetes naik sebesar 14% ketika seseorang nonton televise selama 2 jam tiap hari.

  1. Resiko Mengalami Kenaikan Berat Badan (Obesitas)

Nonton tv terlalu lama menyebabkan sedikit pergerakan otot tubuh. Otot tubuh yang pasif dalam waktu lama dapat menyebabkan gangguan metabolisme dan resiko obesitas meningkat. Kegemukan

  1. Resiko Asma Meningkat

Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa resiko Asma menignkat sebesar 2 kali lipat ketika seorang anak nonton tv selama lebih dari 2 jam perhari. Penelitian ini melibatkan 3000 anak.

  1. Menurunkan Kesehatan Mata

Pandangan mata yang terlalu focus ke sebuah obyek dalam waktu lama sangat buruk bagi kesehatan mata. Apalagi mata jarang mengedip, menyebabkan organ mata menjadi tegang. Hindari nonton tv dalam keadaan gelap apalagi dalam durasi lama.

  1. Menurunkan Kesehatan Mental

Nonton tv terlalu lama tidak dianjurkan bagi anak, hal ini berkaitan dengan intelektual anak. Maka jangan biarkan anak anda nonton tv lebih dari 2 jam perhari.

  1. Memicu Perilaku Agresif

Hal ini terkait dengan acara tv yang ditonton. Dampingilah anak anda ketika sedang menonton tv. Anak cenderung menunjukan sikap agresif ketika mereka terlalu banyak menonton acara tv yang diluar toleransi usia mereka. Pilihlah acara tv yang layak untuk ditonton anak. Dan jangan lupa juga berikan pengarahan.

  1. Kualitas Tidur Berkurang

Hormone Melatonin bekerja pada tubuh untuk mengatur ritme alami tubuh. Memaksa mata untuk melihat layar televise dapat menurunkan kadar hormon tersebut. Kualitas tidur berkurang jika anda terjaga dalam waktu lama. Level hormon melatonin yang menurun juga ada kaitannya dengan pubertas pada wanita.

  1. Fobia Sosial

Efek buruk lain menonton tv terlalu lama adalah kekurangan waktu bersama keluarga atau teman. Interaksi sosial sangat berpengaruh pada kesehatan seseorang, terutama fikiran. Menyendiri didepan tv terlalu lama dapat menyebabkan fobia sosial.

Jadi, apa nonton tv merupakan aktivitas yang buruk? Tentu tidak asalkan anda menonton tv nya tidak terlalu lama. Lebih baik jika mengisi waktu luang anda dengan melakukan olahraga atau aktivitas positif lainnya.

Add Comment

Belajar Bisnis Online Bersama Komunitas SB1M - Hub : 085743156096Daftar
SubscribeSugengwahyudi.com

SubscribeSugengwahyudi.com

Dapatkan Update tempat Hangout,Review,Event,Promo, Vlog dan Info Menarik lainya

You have Successfully Subscribed!