Dampak Yang Ditimbulkan Jika Melakukan Sulam Alis

Dampak Yang Ditimbulkan Jika Melakukan Sulam Alis

Dampak Yang Ditimbulkan Jika Melakukan Sulam Alis

Salah satu trend dalam dunia kecantikan yang sedang digandrungi kebanyakan wanita adalah adalah sulam alis. Karna wanita yang alisnya telah disulam tidak lagi memerlukan pensil alis untuk menbentuk dan mempercantik alis mata.

Dan Sulam alis ini semakin populer setelah banyak artis yang melakukan metode ini untuk menyempurnakan kecantikannya. Sulam alis bersifat permanen. Warna sulaman akan pudar dalam waktu enam bulan setelah itu alis harus disulam kembali. Semua hal instan yang dilakukan ke tubuh tidak selamanya membawa kebaikan. Dibalik kecantersebut sangat berbahaya bagi tubuh dan kesehatan. Sebelum membahas efek samping sulam alis, ada baiknya untuk mengetahui alasan mengapa banyak wanita atau artis melakukan hal tersebut.

Alasan Wanita Melakukan Sulam Alis

Tindakan yang dilakukan seseorang tentu memiliki alasan tersendiri, tidak ada yang tanpa alasan.
Begitupula wanita yang melakukan metode sulam alis ini pasti memiliki alasan seperti berikut ini :

  • Memiliki bentuk alis yang tidak sempurna.
  • Bulu alis mata tidak lebat, warna alis tidak tebal dan tidak terang.
  • Alis satu dengan alis lainnya tidak sejajar atau simetris.
  • Bulu alis rontok sehingga alis menipis bahkan tidak memiliki bulu.

Apapun yang dilakukan tentu memiliki efek samping dan dampaknya.
Sebelum melakukan sulam alis sebaiknya untuk mempertimbangkan efek samping dari sulam alis bagi tubuh dan kesehatan Anda.

1. Rasa Sakit Pada Bagian Alis

Rasa sakit yang ditimbulkan sewaktu melakukan sulam alis seperti rasa terbakar, perih, dan seperti di iris pada kulit alis.

-Proses Yang Menyakitkan

Proses sulam alis yang menyakitkan seperti berikut ini :

  • Alat yang digunakan untuk sulam alis terbuat dari bahan logam yang runcing.
  • Pada alat tersebut terdapat tinta sulam dan juga jarum.
  • Menggambar alis dengan tinta di kulit alis.
    Kulit akan bergesekan langsung dengan jarum yang runcing.
    Rasa terbakar juga perih akan muncul saat proses ini.
  • Kulit epidermis akan mengelupas, kulit alis dapat dilihat mengelupas setelah melewati proses sulam alis.

2. Menyebabkan Iritasi
Sulam alis tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit yang sehat. Namun bagi kulit sensitif, sulam alis akan menimbulkan iritasi. Iritasi tersebut timbul dari bahan dari tinta yang digunakan. Karna tinta yang baik untuk sulam alis adalah tinta yang terbuat dari sari tumbuhan. Maka sebelum melakukan sulam alis sebaiknya untuk mengenali tipe kulit Anda sensitif atau tidak.

3. Sulam Alis Merusak Kulit Epidermis
Rusaknya kulit epidermis merupakan bahaya dari sulam alis. Alat yang digunakan untuk menyulam terbuat dari logam dan berbentuk runcing disertai jarum yang akan merusak lapisan atas kulit epidermis. selain itu juga menyebabkan peredaran darah tidak lancar karna saraf alis yang tergores jarum sulam akan rusak.

4. Terkena Penyakit Kulit

Pori-pori bagian alis akan terbuka saat proses penyulaman. Pori-pori yang terbuka akan memudahkan benda asing masuk ke dalam tubuh. Bahkan tinta sulam alis pun dapat masuk ke dalam pori-pori tubuh. Sebab itu wanita yang melakukan sulam alis akan lebih mudah terinfeksi penyakit kulit.

5. Terkena Infeksi

Infeksi yang dapat terjadi akibat melakukan sulam alis adalah alis mata membengkak. Yang lebih parah lagi adalah alis mata yang disulam akan menimbulkan nanah.
Infeksi dapat ditimbulkan dari beberapa hal berikut ini :

  • Bahan kimia yang terkandung pada tinta sangat berbahaya dan masuk ke dalam pori-pori.
  • Peralatan yang tidak steril.
    Kuman dapat melekat pada peralatan yang tidak steril dan berakibat kuman tersebut akan masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit yang terbuka.

6. Luka Pemanen

Jarum sulam yang digunakan ujungnya berbentuk runcing dapat menimbulkan luka permanen pada kulit alis . Luka tersebut dapat berupa garis memanjang pada atas alis mata sehingga dapat menimbulkan bekas luka yang permanen dan tidak dapat dihilangkan.

7. Menyebabkan Kulit Tertarik Seperti Topeng

Perlahan-lahan kulit akan mengerut seiring dengan bertambahnya usia. Bagian tubuh yang akan mengerut adalah bagian wajah, bibir, dan mata. Sulam alis yang dilakukan pada bagian alis mata akan membuat mata menjadi mengerut / menyusut, sulam alis akan menyisakan bentuk seperti topeng.

8. Tertular Penyakit Berbahaya

Penyakit berbahaya seperti AIDS, TBC, Hepatitis dan juga Sifilis dapat menular melalui jarum yang digunakan tidak steril. Bisa saja jarum yang digunakan untuk menyulam alis Anda sebelumnya telah digunakan untuk menyulam alis orang lain yang menderita AIDS. Jika hal itu terjadi resiko Anda terkena penyakit AIDS cenderung besar.

9. Bulu Alis Mata Terganggu Pertumbuhannya

Sebelumnya telah dibahas bahwa lapisan kulit epidermis dapat rusak akibat dari jarum sulam. Kerusakan kulit dapat mempengaruhi pertumbuhan bulu alis mata. Akibatnya bulu alis mata tidak dapat tumbuh subur.

10. Ketergantungan

Efek paling berbahaya sulam alis adalah ketergantungan. Anda diharuskan pergi ke jasa sulam alis untuk menyulam alisnya kembali. Sulam alis menyebabkan ketergantungan karena jika Anda tidak menyulam alis kembali, bulu alis tidak dapat tumbuh kembali.

Itulah beberapa ulasan mengenai Bahaya Tersembunyi Sulam Alis Yang Belum Diketahui. Semoga Artikel ini bermanfaat dan dapat membuka wawasan Anda terutama bagi para wanita.

Add Comment

Belajar Bisnis Online Bersama Komunitas SB1M - Hub : 085743156096Daftar
SubscribeSugengwahyudi.com

SubscribeSugengwahyudi.com

Dapatkan Update tempat Hangout,Review,Event,Promo, Vlog dan Info Menarik lainya

You have Successfully Subscribed!