Dampak Yang Ditimbulkan Mengkonsumsi Nasi Secara Berlebihan

Dampak Yang Ditimbulkan Mengkonsumsi Nasi Secara Berlebihan

Dampak Yang Ditimbulkan Mengkonsumsi Nasi Secara Berlebihan

Sumber energi manusia berasal dari karbohidrat dan karbohidrat terdapat banyak dalam nasi. Sayangnya kebutuhan karbohidrat tubuh untuk dibuat menjadi energi kadang tidak sebesar asupan kita pada umumnya. Banyak orang sering makan nasi justru membuat tubuh kelebihan karbohidrat dan hal ini snagat tidak baik bagi tubuh. Kerbohidrat berlebih dapat berbahaya bagi tubuh misalnya seperti:
1. Kegemukan

Bahaya sering makan nasi dapat menyebabkan terjadinya kegemukan.
Nasi mengandung karbohidrat. Yang berarti karbohidrat akan diubah menjadi produk gula untuk kebutuhan metabolisme. Namun terkadang kita mengkonsumsi nasi secara berlebihan, padahal tubuh tidak membutuhkan sumber energi sebanyak itu. Jika nasi dikonsumsi secra berlebihan, maka dapat terjadi penumpukan karbohidrat. Karbohidrat yang terkumpul akan diubah menjadi produk gula. Saat sudah menjadi produk gula, maka dapat digunakan untuk metabolisme sel diseluruh tubuh.

Namun produk gula yang menumpuk itu tidak semuanya digunakan untuk metabolisme karena kebutuhan energi tubuh tidak sebanyak itu. Yang mengakibatkan terjadi penumpukan produk gula, yang disisi lain jika kita masih tetap mengkonsumsi nasi secara berlebihan maka semakin bertumpuklah produk gula ditubuh. Produk gula yang berlabihan ini kemudian akan disimpan tubuh sebagai cadangan energi yang suatu saat akan digunakan. Cadangan energi tersebut akan tersimpan sebagai lemak tubuh yang semain lama semakin menumpuk dan menyebabkan terjadinya kegemukan.

2. Diabetes Melitus

Terlalu banyak mengkonsumsi nasi ternyata dapat memicu terjadinya penyakit diabetes. Nasi yang dimakan akan dicerna dan dengan bantuan dari enzim tubuh akan diubah menjadi produk gula. Produk gula yang akan diubah menjadi bahan bakar atau metabolisme umumnya adalah hal wajar dan merupakan kebutuhan tubuh. Tetapi saat terlalu banyak mengkonsumsi nasi, maka produk gula yang dibentuk akan semakin banyak juga. Akibatnya produk gula akan terus diserap dan terakumulasi dalam darah.

3. Kurang vitamin dan serat

Terlalu sering memekan nasi berdampak menyebabkan tubuh kekurangan vitamin dan protein yang diperlukan. Hal ini bisa terjadi ketika orang banyak memakan nasi, akan membuat tubuh kenyang tanpa jumlah yang cukup memakan lauk. Hal tersebut akibat konsumsi nasi yang banyak, serta kandungannya yang tinggi karbohidrat. Padahal kebututhan akan vitamin dan serat dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.Umumnya orang yang telah banyak mengkonsumsi nasi biasanya hanya memakan lauk berupa daging atau ikan. Hal tersebut hanya memenuhi kebutuhan protein. Hal tersebut berakibat timbul kenyang lebih dulu dan tidak berminat lagi memakan sayur-sayuran dan buah-buahan.
Akibatnya kebutuhan vitamin dan serat tidak dapat terpenuhi.

4. Cepat lapar

Makan nasi berlebihan tidak dapat menjamin bahwa tubuh akan memiliki ketahanan terhadap rasa lapar. Nasi memiliki Kadar Glycemic Indeks yang tinggi. Saat mengkonsumsi nasi, kadar gula darah dalam tubuh akan meningkat. Namun peningkatan tersebut dapat mengalami penurunan yang membuat tubuh akan segera mendeteksinya dan membuat sebuah sistem bahwa tubuh kekurangan energi dan butuh makan.

5. Membuat kantuk

Bahaya sering makan nasi sampai akhirnya kekenyangan banyak membuat orang menjadi merasa ngantuk setelah makan. Banyak orang beranggapan bahwa nasi memiliki zat yang dapat membuat kantuk. Namun ada pendapat yang mengatakan bahwa, rasa kantuk yang terjadi bukan karena efek zat yang dikandungnya, melainkan dampak dari kekenyangan. Makan nasi yang berlebihan akan membuat kita kekenyangan. Hal ini membuat sistem pencernaan agar berusaha keras. Akibatnya diperlukan konsentrasi asupan aliran darah yang lebih besar pada sistem pencernaan. Hal tersebut membuat aliran darah ke otak akan menurun karena berfokus pada saluan cerna. Kurangnya pasokan aliran darah ke otak, menyebabkan oksigen yang dialirkan darah juga akan berkurang menuju otak dan menyebabkan otak akan merasa kantuk.

6. Konstipasi

Konstipasi atau susah BAB adalah dampak dari terlalu sering makan nasi.
Kelebihan mengkonsumsi nasi hanya membuat penumpukan karbohidrat.
Akibatnya kebutuhan serat tidak terpenuhi, padahal tubuh membutuhkan serat untuk memperlancar pencernaan. Namun karena nasi hanya memiliki sedikit serat maka lambat laun akan menyebabkan terjadinya konstipasi saluran cerna.

Add Comment

Belajar Bisnis Online Bersama Komunitas SB1M - Hub : 085743156096Daftar
SubscribeSugengwahyudi.com

SubscribeSugengwahyudi.com

Dapatkan Update tempat Hangout,Review,Event,Promo, Vlog dan Info Menarik lainya

You have Successfully Subscribed!