Lebih Baik Pakai Softlens atau Kacamata?

Lebih Baik Pakai Softlens atau Kacamata?

Lebih Baik Pakai Softlens atau Kacamata?

Pada dasarnya softlens dan kacamata memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagi alat bantu penglihatan untuk orang yang memiliki gangguan penglihatan seperti minus, plus, dan silinder. Yang membedakan antara softlens dan kacamata adalah cara penggunaan dan perawatannya.

Softlens digunakan dengan cara memasangkannya langsung pada bola mata tepatnya pada bagian permukaan kornea mata. Sementara kacamata  dengan cara menggantungkan nya pada kedua telinga dan tulang hidung.

Tidak sedikit penderita gangguan mata yang dulunya menggunakan kacamata beralih ke softlens. Namun ada juga yang tetap menggunakan kacamata dengan alasan alasan tertentu. Sebelum memutuskan untuk memilih dari kedua alat bantu penglihatan ini, sebaiknya mengetahui dulu kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Softlens

Kelebihan

  1. Lebih nyaman

Karena digunakan pada bagian dalam mata, tepatnya pada permukaan kornea, maka tidak akan merasa rishi dengan tidak adanya benda asing yang mengganjal pada bagian wajah seperti penggunaan kacamata.

 

  1. Pengguna lebih percaya diri

Softlens yang kini tersedia dengan berbagai pilihan warna dengan berbagai ukuran diameter, dapat memberikan kesan indah dan lebih bulat pada mata.

 

  1. Penglihatan lebih baik

Karena tidak ada jarak antara mata dengan lensa, maka kemampuan mata untuk melihat pun semakin baik dan tajam. Sudut penglihatan pun semakin lebar karena lensa softlens menempel langsung pada mata.

Kekurangan:

  1. Dapat menyebabkan iritasi mata

Jika digunakan dalam waktu yang lama dan salah membersihkannya, softlens yang harusnya menjadi alat bantu justru dapat menggangu mata lainnya yang lebih serius.

 

  1. Butuh perawatan ekstra

Berbeda dengan kacamata yang cenderung mudah dalam perawatannya, softlens membutuhkan perawatan ekstra dan lebih sulit. Jika salah dalam merawat dan membersihkannya, softlens dapat menjadi sarang berkembangnya virus dan kuman yang dapat mengganggu kesehatan mata.

 

  1. Sulit untuk beradaptasi

Untuk penggunaan baru yang sudah menggunakan kacamata, pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi saat berpindah ke softlens. Pengguna pemula harus belajar mengenai cara memakai softlens, cara perawatan yang baik dan benar, hingga membiasakan mata dengan kontak tersebut.

Kacamata

Kelebihan:

  1. Membuat wajah lebih berkarakter

Frame kacamata yang kini tersedia dengan berbagai bentuk, mulai dari bulat, oval, kotak, hingga cat eye, akan membantu untuk menciptakan kesan tegas dan berkarakter pada wajah yang menggunakannya. Pemilihan frame juga harus menyesuaikan dengan bentuk wajah.

 

  1. Lebih mudah dipakai dan dilepaskan

Salah satu kelebihan dari kacamata yang tidak dimiliki oleh softlens adalah mudah dalam memakai dan melepaskannya. Selain itu proses membersihkannya pun tidak memerlukan cara yang rumit. Jika hanya debu biasa, cukup membersihkan lensanya dengan menggunakan kain bersih.

 

  1. Melindungi mata dari debu

Kacamata berperan sebagai pelindung mata dari debu, polusi dan sinar matahari yang dapat menyebabkan iritasi dan gangguan mata lainnya. Penggunaan kacamata diruangan ber-AC juga dapat menghindari mata dari kekeringan yang disebabkan oleh suhu yang dingin.

 

  1. Tidak menimbulkan iritasi mata

Karena tidak menempel langsung pada bola mata seperti softlens, penggunaan kacamata juga dapat meminimalisir resiko terjadinya infeksi dan iritasi pada mata.

Kekurangan:

  1. Kurang nyaman

Penggunaan kacamata akan menimbulkan efek kurang nyaman bagi penggunanya. Hal ini karena kacamata yang mengganjal pada kedua telinga dan hidung akan membuat penggunanya seperti merasa ada benda asing yang menempel pada wajahnya.

 

  1. Mudah pecah

Kacamata yang berbahan kaca rentan pecah ketika jatuh. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, kacamata yang terbuat dari mika yang tidak mudah pecah saat jatuh.

 

  1. Sering berembun dan terkena keringat

Pada saat berada dilingkungan yang panas, kacamata rentan terkena keringat dan berembun.

Nah bagaimana sudah tau kan kelebihan dan kekurangan dari kedua alat bantu penglihatan tersebut? Bagi kamu yang memiliki gangguan penglihatan, akan lebih baik jika kamu memiliki kedua alat bantu penglihatan. Ini bertujuan agar kamu bisa menyesuaikan penggunaan keduanya..

Add Comment

Belajar Bisnis Online Bersama Komunitas SB1M - Hub : 085743156096Daftar
SubscribeSugengwahyudi.com

SubscribeSugengwahyudi.com

Dapatkan Update tempat Hangout,Review,Event,Promo, Vlog dan Info Menarik lainya

You have Successfully Subscribed!