Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Organ Hati

Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Organ Hati

Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Organ Hati

Hati atau yang juga disebut dengan istilah liver merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peranan sangat penting dalam sistem pencernaan.
Dimana organ tersebut memiliki berbagai macam fungsi seperti :

  • segala jenis makanan, minuman, maupun segala sesuatu seperti obat-obatan yang diserap oleh tubuh.
  • Membantu membersihkan darah serta menyingkirkan berbagai macam bahan kimia berbahaya dari dalam tubuh.
  • Menghasilkan empedu yang nantinya sangat berguna untuk membantu memecahkan lemak dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.
  • Menyimpan glukosa (gula) yang nantinya dapat memberikan dorongan energi apabila diperlukan tubuh.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan guna menjaga agar organ hati kita selalu sehat, yaitu :

1. Menghindari Minuman yang Mengandung Alkohol
2. Mengkonsumsi Makanan Sehat
3. Olahraga Secara Teratur
4. Lebih Selektif dalam Memilih Obat-Obatan
5. Waspada Produk Suplemen Makanan dan Herbal
6. Mengatur Pola Makan
7. Menghindari Stress dan Polusi

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesehatan organ hati.

  • Air Putih
    Konsumsi air putih setidaknya 8 gelas per hari akan membantu tubuh tetap sehat karena mencegah terjadinya dehidrasi.
    Selain itu, mengkonsumsi air putih juga akan membantu menetralkan racun yang ada di dalam tubuh.
    Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, dapat dengan menambahkan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon ke dalam air putih yang Anda minum.
    Minumlah campuran keduanya setiap pagi agar proses pembersihan hati juga menjadi lebih optimal.
  • Sayuran Berdaun Hijau seperti bayam, kale, dan juga sawi merupakan beberapa jenis asupan makanan sehat yang memiliki banyak kandungan klorofil atau zat hijau daun. Zat hijau daun tersebut sangat berguna untuk meningkatkan efisiensi kinerja hati sehingga hati lebih sehat.
  • Buah-buahan yang Kaya akan Kandungan Vitamin C
    Buah-buahan dengan kandungan vitamin C berguna sebagai antiinflamator di dalam tubuh kita sehingga hati menjadi lebih sehat. Kandungan vitamin C di dalam buah juga berguna sebagai antioksidan alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Beberapa jenis buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi seperti jeruk, lemon, pepaya, mangga, dan lain sebagainya.
  • Teh Hijau
    Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang akan menjaga kesehatan hati dan menangkal berbagai dampak negatif dari radikal bebas. Dan kandungan catechin didalam teh hijau juga sangat efektif untuk membersihkan hati dari racun dan juga berbagai jenis kotoran.
  • Minyak Zaitun
    Selain dapat digunakan sebagai cara mengatasi bibir kering minyak zaitun mengandung asam lemak yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan asam lemak sehat berguna untuk menyerap berbagai jenis racun didalam tubuh sehingga kinerja hati lebih ringan.
  • Bawang Putih
    Bawang putih juga mengandung sulfur yang efektif untuk membersihkan racun di dalam hati. Selain itu, bawang putih juga mengandung minyak allicin dan juga antioksidan alami. Minyak allicin berguna sebagai zat anti inflamasi, sedangkan antioksidan berguna sebagai penangkal berbagai jenis penyakit.
  • Wortel dan Bit
    Wortel dan bit merupakan 2 jenis sayuran yang sering digunakan untuk membuat salad dan sup. Keduanya mengandung vitamin A, beta karoten dan juga flavonoid yang berperan penting dalam proses pembersihan hati. Tidak hanya itu, dengan meningkatkan asupan beta karoten dan juga flavonoid juga akan memperoleh bonus berupa peningkatan kesehatan mata.
  • Kacang Kenari
    Kacang kenari kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang baik bagi tubuh dan juga membantu proses detoksifikasi di dalam hati. Tidak hanya itu, omega 3 juga memegang peranan penting untuk menjaga kesehatan jantung dan juga meningkatkan perkembangan sel-sel otak.
  • Kacang-kacangan
    Berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang merah, dan kacang kedelai memiliki kandungan asam amino arginin yang berguna untuk proses detoksifikasi asam amonia, yaitu sampah yang berasal dari proses pencernaan protein.
  • Tomat
    Tomat mengandung vitamin C dan juga lycopene. Mengkonsumsi tomat akan menstimulasi produksi asam amino yang disebut dengan carnitine. Carnitine merupakan suatu senyawa yang akan membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh menjadi lebih cepat hingga sepertiga kali lebih cepat sehingga kinerja hati akan lebih terbantu. kandungan lycopene di dalam buah tomat juga akan mencegah terjadinya gangguan jantung.
  • Anggur
    Anggur mengandung vitamin C dan juga antioksigen yang akan menangkal zat-zat bersifat karsinogenik akibat radikal bebas.
  • Alpukat
    Mengkonsumsi alpukat akan membantu tubuh untuk memproduksi suatu jenis antioksidan yang disebut dengan glutation. Glutation tersebut dibutuhkan oleh hati untuk menyaring berbagai jenis toksin yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang kita konsumsi.

Add Comment

Belajar Bisnis Online Bersama Komunitas SB1M - Hub : 085743156096Daftar
SubscribeSugengwahyudi.com

SubscribeSugengwahyudi.com

Dapatkan Update tempat Hangout,Review,Event,Promo, Vlog dan Info Menarik lainya

You have Successfully Subscribed!