Sejarah dan Pengertian dari MYSQL

sejarah dan pengertian dari mysql

sejarah dan pengertian dari mysql

Sejarah MySQL

Menurut Wikipedia, MySQL adalah sistem perangkat lunak manajemen database SQL atau sistem manajemen database, multi-user multi-threaded, ada enam juta diinstal di seluruh dunia. Perusahaan MySQL AB membuat MySQL yang menggunakan GNU General Public License (GPL) Software Gratis, tetapi mereka juga sesuai dengan kasus lisensi komersial, penggunaan dan penjualan GPL tidak kompatibel.

Penggunaannya tidak sama seperti Apache, dimana perangkat lunak dilindungi hak cipta oleh kode sosial dan sumber umum dimiliki oleh penulisnya masing-masing dikembangkan. MySQL dimiliki dan dioperasikan oleh sebuah perusahaan komersial MySQL AB, Swedia, yang memegang hak cipta, hampir semua proyek sumber kode-dimulai. Kedua orang Swedia dan Finlandia yang mendirikan perusahaan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael “Monty” Widenius.

Sejarah MySQL
MySQL pada awalnya didirikan oleh seorang programmer komputer dari Swedia bernama Michael “Monty” Widenius pada tahun 1979. Monty mengembangkan database yang disebut UNIREG, sistem sederhana yang menggunakan mesin database ISAM untuk menghubungkan indeks tingkat rendah. Monty kemudian bekerja di sebuah perusahaan bernama TcX di Swedia.

Pada tahun 1994 perusahaan TcX mulai mengembangkan aplikasi berbasis Web Perusahaan TcX mencoba untuk mencari alternatif untuk sistem database lain, salah satunya adalah mSQL (miniSQL). Namun mSQL versi 1 memiliki kekurangan, tidak mendukung pengindeksan, sehingga kinerjanya tidak terlalu baik. Dengan tujuan meningkatkan kinerja mSQL, Monty berusaha menghubungi David Hughes (Programmer yang mengembangkan mSQL), dan menanyakan apakah ia akan tertarik untuk dapat mengembangkan dan mendukung UNIREG indeks ISAM mSQL melalui konektor antarmuka.
Tapi Hughes menolak, dengan alasan teknologi yang dikembangkan independen dari indeks, dengan mSQL versi 2. Dengan menolak, David Hughes, perusahaan TcX (juga Monty) akhirnya memutuskan untuk merancang dan mengembangkan konsep sistem database baru. Sistem ini merupakan kombinasi dari UNIREG dan mSQL. Dengan demikian, pada Mei 1995, sebuah RDBMS baru, yang disebut MYSQL dirilis. Detron HB David Axmark, mitra TCX diusulkan, MySQL untuk “menjual” model bisnis baru.
Ia mengusulkan, pengembangan MySQL dan rilis secara gratis. Dari “Dukungan” layanan penjualan untuk perusahaan ingin mendapatkan MySQL untuk mencapai bawah pendapatan perusahaan. Filosofi ini, sekarang dikenal sebagai open source.

Tahun 1995, perusahaan TcX berubah nama menjadi perusahaan MySQL AB, dan Michael Widenius, David Axmark dan Alan Larson sebagai pendirinya. Titel dari “AB” MySQL belakang adalah “Aktiebolag”, istilah PT (perseroan terbatas) untuk inisial Swedia perusahaan.

Add Comment

Belajar Bisnis Online Bersama Komunitas SB1M - Hub : 085743156096Daftar
SubscribeSugengwahyudi.com

SubscribeSugengwahyudi.com

Dapatkan Update tempat Hangout,Review,Event,Promo, Vlog dan Info Menarik lainya

You have Successfully Subscribed!